You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin LH Jaktim Gelar Uji Emisi di Jl Pemuda Pulogadung
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Sudin LH Jaktim Gelar Uji Emisi di Jl Pemuda Pulogadung

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Timur, Jumat  (25/8), melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor gratis di Jalan Pemuda, Kelurahan Jati, Pulogadung.

Kegiatan ini sifatnya sosialisasi sekaligus pra penilangan. 

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Eko Gumelar mengatakan, kegiatan ini untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan, sekaligus sosialisasi rencana pemberian sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Karena nantinya kendaraan yang melanggar atau tidak lolos uji emisi akan dikenai sanksi tilang, sesuai Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 285 dan 286.

"Kegiatan ini sifatnya sosialisasi sekaligus pra penilangan. Kita edukasi ke masyarakat agar segera lakukan uji emisi kendaraannya. Karena nantinya  yang melanggar akan dikenai sanksi tilang," ujar Eko.

Satgas Uji Emisi DKI Terapkan Sanksi Tilang Mulai September

Eko menambahkan, fokus utama uji emisi hari ini adalah mengecek kendaraan yang usianya lebih dari tiga tahun. Karena biasanya rentan tak lulus uji emisi lantaran sudah dilakukan pemakaian jarak tempuh yang jauh. Apalagi jika tidak dilakukan servis rutin.

Eko menyebut, jika warga ingin melakukan uji emisi gratis bisa mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI di Jalan Mandala 5 Kelurahan Cililitan, Kramat Jati.

Sementara, Catur (43), warga Kelurahan Jatinegara Kaum, Pulogadung, mengaku sangat terbantu adanya layanan jemput bola uji emisi ini. Ia sendiri tahu kegiatan tersebut saat melintas di Jalan Pemuda. Karena ada uji emisi makanya ia langsung menepikan kendaraannya ikut mengantri

"Alhamdulillah ada layanan uji emisi gratis. Kita tak perlu jauh-jauh mendatangi bengkel untuk uji emisi. Apalagi ini gratis dan dekat dari rumah," ujar Catur.

Dia menyatakan sepakat dengan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi, untuk membantu mengatasi pemanasan global dan pencemaran udara akibat gas buang kendaraan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati